Ayam Betutu & Sambal Matah

Pertama kali menyantap ayam betutu ini ketika kami sekeluarga pergi berlibur ke Bali, disana kami sekeluarga berkesempatan menyicipi ayam betutu khas Gilimanuk di warung makan Men Tempeh, sejak saat itu saya langsung jatuh cinta dengan menu ayam ini. Bumbunya yang super banyak membuat rasanya khas sekali dan berdasarkan hasil tanya sana sini, google sana sini dan menyesuaikan dengan metode yang paling mudah, maka inilah resep ayam betutu yang sering saya buat dirumah. Apalgi ketika Papa dan Mama yang tinggal di Klaten berkunjung menginap di rumah, pasti request untuk dibuatkan¬† Ayam Betutu yang sukses menggeser posisi Ayam bumbu Rujak dan Ayam Kalasan. Ayam Betutu ini dibuat dengan metode diungkep karna ayam kampungnya besar kemudian saya panggang dioven api atas bawah supaya lebih wangi dan lebih mantab rasanya,¬† meskipun berbeda metode pengolahan dengan versi otentiknya, tapi bumbunya meresap sampai ke tulang dan dagingnya menjadi empuk sekali…nikmatnya bersantap ria bersama keluarga…
Ayam Betutu
2 ekor ayam kampung bersihkan
400 gr daun singkong, rebus
daun pisang secukupnya
Bumbu Halus:
18 btr bawang merah, haluskan
6 siung bawang putih, haluskan
3 btg serai, iris halus
5 lbr daun jeruk, iris halus
6 btr kemiri sangrai, haluskan
5 cm jahe, haluskan
8 cm kunyit bakar haluskan
8 cm kencur haluskan
1 sdt merica haluskan
5 bh cabai rawit merah, iris
1 sdt ketumbar sangrai, haluskan
2 sdt terasi, bakar & haluskan
2 sdm garam
1 buah air kelapa dan air secukupnya
Cara Membuat:
tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Angkat. Lumuri bagian luar dan dalam ayam dengan sebagian bumbu tumis hingga rata. Masukan air kelapa dan air secukupnya, ungkep sampai bumbu meresap. Campur daun singkong (tiap 1 ayam 200gr daun singkong dengan sisa bumbu tumis dan masukkan ke dalam rongga badan ayam. Semat bagian rongga yang terbuka dengan tusuk gigi. Bungkus dengan beberapa lembar daun pisang dan panggang selama 35 menit atau sampai matang. Angkat, buka daun pisang, dan sajikan hangat.

Sambal Matah
8 butir bawang merah, diiris halus
2 siung bawang putih, diiris halus
10 buah cabai rawit merah, diiris halus
1/2 sendok teh terasi bakar
2 lembar daun jeruk, diiris halus
2 batang serai, bagian putihnya saja, diiris halus
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan air jeruk limo
3 sendok makan minyak goreng, dipanaskan

Cara membuat:
Aduk rata bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, dan jeruk sambil diremas-remas.
Tambahkan minyak yang sudah dipanaskan. Aduk rata.